MANAJEMEN
PELAYANAN SIRKULASI PERPUSTAKAAN
UNIVERASITAS
SELAMET RIYADI SURAKARTA
Diringkas
Oleh :
Dian
Putri Ayu Hapsari ( D1813024)
Program DIII Ilmu Perpustakaan
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP)
Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta
2015
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Perpustakaan merupakan
salah satu sarana yang memberikan sumber informasi baik dalam media tercentak
maupun non cetak. UPT
Perpustakaan Universitas Slamet Riyadi Surakarta termasuk perpustakaan yang sudah berkembang.
Demi mencapai tujuan perpustakaan memerlukan pengembangan diberbagai bidang,
salah satunya adalah bidang pelayanan. Dimana bidang pelayanan merupakan faktor
penting dalam berjalannya semua kegiatan yang pada akhirnya sampai ke pengguna
atau pemustaka.
Layanan merupakan hal
terpenting didalam manajemen. Dalam perpustakaan terdapat dua sistem yang
diterapkan yaitu sistem Open Access dan Close Access dan layanan yang diberikan dalam perpustakaan
terdiri dari Layanan Informasi, Layanan Sirkulasi (peminjaman, pengembalian,
keanggotaan, keterangan bebas pinjam), layanan referensi/rujukan, layanan
OPAC/penelusuran Informasi, user education, layanan terbitan berseri (jurnal
dan majalah), layanan surat kabar, layanan skripsi, tesis dan Karya Tulis
Ilmiah Mahasiswa, layanan buku tandon, layanan internal, layanan kartu super. Karena dengan adanya layanan semua pengguna mempunyai
komunikasi dengan baik antara para pengguna dan petugas. Untuk mencapain
suatu tujuan perpustakaan juga harus mempuyai manajemen layanan yang baik,
khususnya layanan sirkulasi dimana layanan sirkulasi ini layanan yang paling
banyak/ sering dibutuhkan pengguna, untuk lebih jelasnya mengenai layanan
sirkulasi akan dibahas pada bab pembahasan.
Diambil dari tugas mata kuliah Manajemen Perpustakaan dengan judul Manajemen Pelayanan Perpustakaan Universitas Slamet Riyadi Surakarta, yang disusun oleh Aring Wijaya, Anggih
Martrianingrum, Bambang
Santoso, Dian
Putri A. H., dan Linggani
Siti W.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar