Minggu, 27 Desember 2015

KUALITAS LAYANAN PUSTAKAWAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SLAMET RIYADI SURAKARTA

KUALITAS LAYANAN PUSTAKAWAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SLAMET RIYADI SURAKARTA

Diringkas Oleh :
Anggih Martrianingrum (D1813006)
Program DIII Ilmu Perpustakaan
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP)
Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta  
2015


PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Perpustakaan dapat berjalan dengan baik apabila mampu berdiri menurut jenisnya, salah satu jenis perpustakaan adalah perpustakaan perguruan tinggi. Perpustakaan perguruan tinggi adalah  perpustakaan yang terikat institusi negeri/swasta di suatu perguruan tinggi yang berperan sangat penting dalam proses pendidikan dimana perpustakaan merupakan jantung universitas yang melakukan proses belajar mengajar, penelitian (menghasilakan pengetahuan baru) guna mencapai tujuannya yakni Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Sesuai dengan fungsinya perpustakaan perguruan tinggi dituntut untuk memberi pelayanan yang berkualitas yaitu pelayanan yang dapat memenuhi kebutuhan dan harapan pengguna perpustakaan. Serta perpustakaan dapat dikatakan berhasil jika perpustakaan itu dapat dimanfaatkan secara optimal oleh pengunanya dan keberhasilannya menunjukkan bahwa perpustakaan tersebut dikelola oleh orang yang memiliki kemampuan manajemen yang baik serta pengguna merasa puas terhadap layanannya (Riyanto, 2004:16).

Dengan demikian, untuk meningkatkan kualitas pelayanan perpustakaan akan tergantung pada faktor-faktor yang mempengaruhinya, salah satunya adalah  sarana pelayanan. Memberikan layanan yang baik dan memuaskan pemakai merupakan faktor terpenting bagi perpustakaan. Mutu layanan baik apabila pustakawan bersedia melayani pengguna dengan baik. Dengan adanya pelayanan yang berkualitas akan tercapainya suatu tujuan perpustakaan yaitu memuaskan pengguna dalam mencari sebuah informasi.

Klik di sini untuk membaca secara keseluruhan isi artikel.

Diambil dari tugas mata kuliah Psikologi Perpustakaan dengan judul Kualitas Layanan Perpustakaan Terhadap Kepuasan Pengguna di Perpustakaan Universitas Slamet Riyadi Surakarta, yang disusun oleh Aring Wijaya, Anggih Martrianingrum, Bambang Santoso, Dian Putri A. H., dan Linggani Siti W.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar