KUALITAS
LAYANAN PUSTAKAWAN TERHADAP KEPUASAN
PENGGUNA DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS
SLAMET RIYADI SURAKARTA
Diringkas
Oleh :
Anggih
Martrianingrum ( D1813006)
Program
DIII Ilmu Perpustakaan
Fakultas
Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP)
Universitas
Sebelas Maret (UNS) Surakarta
2015
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Perpustakaan dapat
berjalan dengan baik apabila mampu berdiri menurut jenisnya, salah satu jenis
perpustakaan adalah perpustakaan perguruan tinggi. Perpustakaan perguruan
tinggi adalah perpustakaan yang terikat
institusi negeri/swasta di suatu perguruan tinggi yang berperan sangat penting
dalam proses pendidikan dimana perpustakaan merupakan jantung universitas yang
melakukan proses belajar mengajar, penelitian (menghasilakan pengetahuan baru)
guna mencapai tujuannya yakni Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Sesuai dengan fungsinya
perpustakaan perguruan tinggi dituntut untuk memberi pelayanan yang berkualitas
yaitu pelayanan yang dapat memenuhi kebutuhan dan harapan pengguna
perpustakaan. Serta perpustakaan dapat dikatakan berhasil jika perpustakaan itu dapat
dimanfaatkan secara optimal oleh pengunanya dan keberhasilannya menunjukkan
bahwa perpustakaan tersebut dikelola oleh orang yang memiliki kemampuan manajemen
yang baik serta pengguna merasa puas terhadap layanannya (Riyanto, 2004:16).
Dengan
demikian, untuk
meningkatkan kualitas pelayanan perpustakaan akan tergantung pada faktor-faktor
yang mempengaruhinya, salah satunya adalah sarana pelayanan. Memberikan layanan yang baik
dan memuaskan pemakai merupakan faktor terpenting bagi perpustakaan. Mutu
layanan baik apabila pustakawan bersedia melayani pengguna dengan baik. Dengan
adanya pelayanan yang berkualitas akan tercapainya suatu tujuan perpustakaan
yaitu memuaskan pengguna dalam mencari sebuah informasi.
Klik di sini untuk membaca secara keseluruhan isi artikel.
Diambil dari tugas mata kuliah Psikologi Perpustakaan dengan judul Kualitas Layanan Perpustakaan Terhadap Kepuasan Pengguna di Perpustakaan Universitas Slamet Riyadi Surakarta, yang disusun oleh Aring Wijaya, Anggih
Martrianingrum, Bambang
Santoso, Dian
Putri A. H., dan Linggani
Siti W.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar