KOMUNIKASI SECARA ASERTIF DI PERPUSTAKAAN SD PELITA NUSANTARA KASIH
Diringkas
Oleh :
Avina Rusda (D1813012)
Program DIII Ilmu Perpustakaan
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP)
A.
Latar belakang
Menurut
Lasa (2007), perpustakaan adalah kumpulan atau
bangunan fisik sebagai tempat buku dikumpulkan dan disusun menurut sistem
tertentu atau keperluan pemakai. Di dalam perpustakaan ada komunikasi
yang terjadi. Komunikasi merupakan suatu proses dimana seseorang atau beberapa
orang, kelompok, organisasi dan masyarakat dapat berinteraksi yang menimbulkan
suatu percakapan. Kemampuan berkomunikasi sangat penting bagi pustakawan untuk
berkomunikasi antar pustakawan dan pengguna. Komunikasi yang salah satunya tepat
untuk pustakawan adalah komunikasi asertif yaitu menerapkan komunikasi yang
tepat sesuai karakter pengguna.
Dalam
perpustakaan SD pustakawan adalah yang berperan penting dalam mengetahui tingkah
laku anak atau pemustaka dalam aktifitas sehati hari. Contohnya di Perpustakaan
SD Pelita Nusantara Kasih ini pustakawan sangat mengerti bagaimana cara
menangani anak anak, dan pustakawan disana dapat berkomunikasi yang baik kepada
anak anak SD atau pemustaka yang berkunjung ke Perpustakaan.
Klik di sini untuk membaca secara keseluruhan isi artikel.
Diambil dari tugas mata Kuliah Psikologi Perpustakaan dengan judul Peran Komunikasi Asertif Pustakawan terhadap Psikologi di Perpustakaan Sekolah Dasar Pelita Nusantara Kasih, yang disusun oleh Armandanu Unggul P., Avina Rusda, Dhebertus Widhi P., Retno Windarsih, Yohana Adriani.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar