Selasa, 29 Desember 2015

PENGARUH STORY TELLING TERHADAP PERKEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK DI PERPUSTAKAAN GANESA SUKOHARJO

PENGARUH STORY TELLING TERHADAP PERKEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK DI PERPUSTAKAAN GANESA SUKOHARJO

Diringkas Oleh :
Fakih Agus Sungkoyo (D1813032)
Program DIII Ilmu Perpustakaan
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP)
Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta  
2015

BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Usia dini adalah usia yang sangat efektif untuk mengembangkan kecerdasan anak dan menanamkan hal hal positif. Usia dini antara 0-6 tahun merupakan tahap perkembangan anak yang paling penting. Hal ini dikarenakan usia dini adalah masa keemasan (golden age) bagi perkembangan otak anak.
Dalam pembelajaran terhadap anak diusia dini, penting untuk memilih metode yang sesuai dengan daya tangkap anak seusia mereka. Metode storytelling bisa dianggap metode yang dirasa cukup efektif dan menarik perhatian anak. Alasan mengapa (storytelling) dianggap efektif dalam memberikan pendidikan kepada anak. Pertama, cerita pada umumnya lebih berkesan dari pada nasehat, sehingga pada umumnya cerita terekam jauh lebih kuat dalam memori manusia.Kedua, melalui (storytelling) anak diajarkan mengambil hikmah. Secara bahasa Storytelling adalah interaktif, pendengar mendengarkan cerita yang disampaikan. Metode bercerita (storytelling) merupakan sebuah metode yang dilakukan oleh seseorang, dengan cara membaca.

1.2 RumusanMasalah

  1. Bagaimana proses berlangsungnya storytelling di Perpustakaan Ganesa Sukoharjo?
  2. Bagaimana pengaruh storytelling terhadap perkembangan anak di Perpustakaan Ganesa Sukoharjo?

1.3 Tujuan

  1. Untuk mengetahu proses berlangsungnya storytelling di Perpustakaan Ganesa Sukoharjo.
  2. Untuk mengetahui seberapa berpengaruh story telling kepada psikologi anak di Perpustakaan Ganesa Sukoharjo.

Klik di sini untuk membaca secara keseluruhan isi artikel.

Diambil dari tugas mata kuliah Psikologi Perpustakaan dengan judul Pengaruh Story Telling terhadap  Perkembangan Kecerdasan Emosional Anak di Perpustakaan Ganesa Sukoharjo, yang disusun oleh  Dinda Lailtaul R., Ernawati Dwi Y., Fakih Agus Sungkoyo, Miftakurahmah, Mutiara Kusuma W. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar